+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Portfolio Programmer

Membangun sebuah portfolio bagi seorang programmer bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan, meskipun hasil karya seorang programmer tidak memiliki tampilan visual yang menarik untuk dipajang. Mungkin karena bentuk visual yang sulit ditampilkan ini pula, masih sedikit programmer yang memiliki portfolio baik dalam format cetak maupun dalam format digital. Padahal portfolio bagi seorang programmer membuka peluang besar bagi mereka untuk dikenal secara luas termasuk member peluang untuk bekerjasama dengan konsumen asing atau dari negara yang berbeda.

Nah, portfolio seorang programmer dapat diisi dengan proyek-proyek yang pernah dikerjakan. Pilih proyek-proyek yang benar-benar dapat menunjukkan kemampuan Anda. Masing-masing proyek lengkapi pula dengan keterangan pendukung yang meliputi nama proyek, konsumen yang memesan proyek, peran Anda dalam proyek tersebut, deskripsi mengenai fungsi kode-kode dalam proyek tersebut, bahasa pemrograman yang digunakan, teknologi yang dipakai dan gambaran mengenai proyek.

Sebagai gambaran mengenai portfolio seorang programmer, Anda bisa berkunjung ke situs lesterchan.net atau grokcode.com. Di situs lesterchan.net selain menampilkan deskripsi kemampuan yang dimiliki oleh sang programmer, situs ini juga berisi proyek-proyek open source hasil karya sang programmer yang bisa diunduh oleh para pengunjung web portfolio. Hasil karya tersebut berupa sejumlah plugin WordPress.

 

Portfolio Ilustrator

Bagi Anda yang sedang memulai karir sebagai seorang ilustrator, sebuah portfolio tentunya akan membantu Anda mempublikasikan kemampuan yang Anda miliki. Tak jauh berbeda dengan seorang desainer grafis, seorang ilustrator dapat membuat portfolio dalam format cetak ataupun digital.

Seperti portfolio pada umumnya, portfolio seorang illustrator dapat diisi dengan karya-karya yang telah dihasilkan dan digunakan oleh konsumen. Dan karena Anda telah memiliki pengalaman menangani permintaan konsumen, ada baiknya tampilkan pula tahap demi tahap satu atau dua proyek yang pernah Anda kerjakan. Anda bisa menampilkan mulai dari tahap pembuatan konsep, ilustrasi awal, revisi hingga finishing. Dengan cara ini, calon konsumen Anda bisa melihat pula kemampuan Anda dalam memenuhi keinginan konsumen.

Sementara itu bila Anda adalah seorang illustrator pemula, maka Anda tidak perlu berkecil hati dengan keadaan ini. Anda bisa mengisi portfolio dengan hasil karya Anda yang belum dipublikasikan atau digunakan konsumen. Pastikan dalam karya-karya tersebut tercermin kemampuan teknis, komposisi dan kemampuan pewarnaan pada area yang beragam.

Dalam pemilihan karya ilustrasi yang hendak ditampilkan dalam portfolio ini, sebaiknya pilihlah karya-karya yang memiliki relasi dengan bidang industri yang hendak Anda masuki. Bidang-bidang industri yang menggunakan kemampuan seorang ilustrator antara lain bidang industri video games, storyboarding, buku anak-anak, editorial dan lain sebagainya. Selain memperhatikan relasi dengan bidang industri, perhatikan pula media yang diinginkan oleh para pengguna jasa illustrator. Misalnya saja ilustrasi dengan menggunakan cat air, tinta atau ilustrasi digital.

Tetapi Anda tidak perlu menampilkan seluruh ilustrasi dari berbagai style yang ada. Batasi saja style yang Anda kuasai dan ingin Anda tekuni sehingga dalam portfolio tersebut terbaca jelas style yang Anda miliki. Berkaitan dengan portfolio ilustrator, kami memiliki dua referensi web portfolio illustrator yang beralamat www.tinypilot.com dan www.emmamccann.co.uk Anda bisa mengunjunginya agar memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai web portfolio illustrator.